Wellington Lod Wenda, Peletak Dasar Pembangunan Pegubin, Papua, Berpulang

Pegubin, terangindonesia.id – Bumi Okmin berduka. Mantan Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua, Drs. Wellington Lod Wenda, M.Si, meninggal dunia di Rumah Sakit Yarsi, bilangan Jalan Suprapto, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (11/03/2022) pukul 06.00 WIB. Ia berpulang setelah menjalani perawatan di rumah sakit itu akibat menderita sakit.

Wellington adalah peletak dasar pembangunan Pegubin. Ia menjabat sebagai bupati Pegubin selama dua periode yakni 2005-2010 berpasangan dengan Drs. Theo Sitokdana dan periode 2010-2015 bersama Yakobus Wayam.

“Telah berpulang ke pangkuan Allah Bapa di Surga, Bapak Drs Wellington Lod Wenda, M.Si di Rumah Sakit Yarsi Jakarta pukul 06.00 WIB,” demikian informasi yang menyebar di sejumlah whatsapp group di Papua.

Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana, ST.M.Si menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya mantan bupati Pegubin, Wellington Wenda.

“Beliau sangat berjasa bagi kemajuan Pegunungan Bintang. Beliau yang meletakkan dasar pembangunan dan merintis kemajuan. Kami anak-anak Pegunungan Bintang yang menjadi pemimpin hari ini, juga adalah berkat jasanya menyiapkan SDM dan kader,” kata Bupati Spei.

Menurut Spei, seluruh masyarakat Pegunungan Bintang, terutama para pemimpin di level birokrasi pemerintahan, politik maupun kepemudaan, harus meneruskan roh dan semangat seorang Wellington dalam membangun Bumi Okmin. “Selamat jalan orang tua kami, dan terima kasih atas jasa-jasamu. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan,” tegas Spei.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang drg. Aloysius Giyai, M.Kes mengatakan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang bersama seluruh jajaran serta masyarakat merasa kehilangan sosok Wellington Wenda, pemimpin yang rendah hati dan bertangan dingin memajukan masyarakat dan daerah dengan totalitas pengabdian .

“Beliau bukan hanya seorang pemimpin formal, tetapi juga sosok panutan masyarakat. Gaya kepemimpinan melayani masyarakat adalah legacy atau warisan besar pemerintah dan masyarakat Pegunungan Bintang saat ini dan di masa akan datang. Pemerintah dan masyarakat sungguh merasa kehilangan sosok seperti beliau,” ujar Alo saat dihubungi dari Oksibil, ibukota Pegunungan Bintang, Jumat (11/03/2022). [Lapiero.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published.