Romo Dirgaprimawan, Doktor Pertama Studi Kitab Suci dari Pontificio Istituto Biblico

Italia, terangindonesia.id – Romo Bernadus Dirgaprimawan, S.J. telah berhasi mempertahankan disertasi doktoralnya yang berjudul “The Inexperienced Person and the Journey to Wisdom in the Book of Proverbs” di kampus Pontificio Istituto Biblico, Roma (21/02/2022).

Romo Bernadus Dirgaprimawan berhasil memperoleh gelar Doktor untuk studi kitab suci, menjadikannya mahasiswa Indonesia pertama yang memperoleh gelar tersebut di Pontificio Istituto Biblico.

Menukil laman Sesawi.net, Selasa (22/2), dalam catatan sejarah Institut Biblicum, Romo Bernardus Dirgaprimawan SJ menjadi imam Indonesia pertama yang berhasil lulus dan mendapat gelar doktor dari Institut Bliblicum untuk studi Kitab Suci.

Dosen pembimbing disertasi Romo Bernardus Dirgaprimawan SJ Dosen adalah Prof Dr Agustinus Gianto SJ, doktor lulusan Universitas Harvard yang merupakan satu dari jumlah sangat sedikit ahli bahasa Aramaik di seluruh dunia.

Untuk diketahui, Bahasa Aramaik adalah bahasa sehari-hari yang dulu dipakai oleh Yesus.

Untuk lulus dari Institutum Biblicum tidaklah mudah. Di tahun pertama studi, biasanya para mahasiswa wajib belajar berbagai bahasa seperti Yunani, Hibrani, Aramaik dan lainnya.

Bahasa Latin sudah pasti wajib, sementara kuliah disampaikan dalam bahasa Italia. Kalau nilai pelajaran bahasa-bahasa tersebut hanya pas-pasan, tidak akan bisa melanjutkan kuliah.

Proficiat Romo Dirga SJ, karena telah berhasil melalui proses pendidikan yang penuh tantangan ini. [Kemlu/Sesawi]

Leave a Reply

Your email address will not be published.