Puluhan Pemimpin Kristen Deklarasi Kesatuan dan Berdoa bagi Bangsa

Medan, terangindonesia.id  – GSB Miracle Morning mengadakan acara Pastor Prayer Meeting II di Hotel Danau Toba International, Jalan Imam Bonjol Medan. Dihadiri oleh 160 pemimpin organisasi Aras Gereja Nasional Wilayah Sumut, Ormas Kristen dan Lembaga-lembaga gereja, termasuk DPD MUKI (Kabupaten/Kota) Se Sumut. Acara ini berlangsung pada Selasa, 22 Maret 2022 dengan Tema : “Doa bersama untuk kesejahteraan gereja, Kota dan bangsa (2 Tawarikh 7:14)”.

Sebelumnya, panitia mengadakan audiensi ke berbagai pihak, diantaranya Kementrian Agama Provinsi Sumatera Utara yang diterima oleh Kabid Bimas Kristen Kemenag Dr.Arnot Napitupulu, yang mendukung penuh terselenggaranya acara ini.

Acara dimulai dengan ibadah bersama, khotbah disampaikan oleh Pdt. Samuel Ghozali (Ketua PGPI Sumut/Penasehat DPW MUKI Sumut). Dalam paparan nya, Pdt. Samuel mengingatkan kembali tentang pentingnya doa sebagai wujud bahwa kita membutuhkan Tuhan. Doa adalah pemersatu tubuh Kristus dalam keberagaman denominasi.

Setelah itu penasehat MUKI Sumut menyampaikan sambutannya, diantaranya Pdt. Jhony Lontoh dan Ps. Rajamin Sirait, SE, yang dilanjutkan dengan penyerahan plakat.

Sesi berikutnya Pdt. Berkat Laoli anggota DPRD Sumut memaparkan sosialisasi peraturan tentang ketertiban umum dan menyerap aspirasi para pemimpin Kristen yang di respon dengan antusias melalui sesi tanya jawab.

Dalam ceramah kebangsaan , Waketum V DPP MUKI Pdt. Philipus Setyanto M.Th menyampaikan kontribusi MUKI untuk bangsa dan negara. Dia antaranya edukasi hukum dan politik melalui IPKRC guna mempersiapkan kader-kader yang tangguh, yang memiliki wawasan kebangsaan yang kuat. Selain itu Pdt. Philipus juga memaparkan berbagai upaya memperjuangkan keadilan dan kebenaran berlandasakan kasih yang dikerjakan oleh departemen- departemen di MUKI.

Pdt. Marlin Hutajulu, Ketua GSB Miracle Morning dalam sambutannya menyampaikan sejarah dimulainya Pastor’s Prayer Meeting. Satu gerakan doa yang di lakukan oleh puluhan pendeta yang berdoa bagi gereja, kota dan bangsa.
Dedy Mauritz W. Simanjuntak, MACE, M.Th, Ketua DPW MUKI Sumut menyampaikan Kilas Balik DPW MUKI Sumut, satu perjuangan dari berbagai dinamika organisasi hingga akhirnya DPW MUKI Sumut bisa solid dan melakukan beberapa kontribusi diantaranya penyelesaian permasalahan gereja di beberapa daerah.

Di sela sambutan Ketua DPW MUKI Sumut, turut menyampaikan kesaksian Pdt. Peterson Pasaribu gembala GPdI Siloam Simalungun yang mengalami pelarangan beribadah dan telah selesai melalui advokasi MUKI dan bantuan berbagai pihak.

Dalam sesi Rembug Tokoh, Sekum PGI Wilayah Sumut sekaligus Penasehat DPW MUKi Sumut Pdt. Dr. Eben Siagian menyampaikan tentang peran gereja yang tidak terlibat dalam politik praktis namun seharusnya membantu Negara dengan cara mempersiapkan pemimpin berkualitas yang dilahirkan dari warga gereja.

Ketua Umum DPP MUKI, Djasarmen Purba, SH melalui Rekaman Video turut menyampaikan dukungan atas terselenggaranya acara ini. Dan mengharapkan agar acara ini menjadi contoh bagi propinsi lain untuk berdoa bagi kesejahteraan gereja, kota dan bangsa.

Selanjutnya puluhan pemimpin organisasi Kristen tersebut melakukan Deklarasi Kesatuan yang di pandu oleh Ketua DPW MUKI Sumut, Dedy Mauritz

Setelah deklarasi, maka diadakan penandatangan Deklarasi Kesatuan oleh puluhan organisasi diantaranya Aras Gereja Nasional Wilayah Sumut, Ormas Kristen dan Lembaga Gereja diantaranya : PGI,PGPI,PGPIP, MUKI, API, BKAG,IUKI, PWKI, GAMKI, GMKI,GKPA, GPIB, GBKP, GMPI, GGBI,IPWL BUKIT DOA, GKPS,GIA, GSRI, GEKISIA, GKMI, GKPB, GPdi, GPT, GTDI, Gereja Pentakosta, GESBA, GPSDI, GPDI, GTP, GBI .

Butir-butir Kesepakatan yaitu :

Sepakat untukmembangun kerjasama dan sinergitas diantara pemimpin umat Kristen untuk memperjuangkan kepentingan umat, bangsa dan Negara.
Bersepakat mendorong pemerintah untuk menuntaskan permasalahan intoleransi., diskriminasi dan kebebasan beribadah
Sepakat mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan permasalahan dan kesalahpahaman diantara sesame umat dan antar umat beragama.

Acara dilanjutkan dengan doa syafaat untuk kota, bangsa dan Negara. Dan diakhiri dengan penyerahan puluhan hadiah Lucky Draw.  [DM]

Leave a Reply

Your email address will not be published.