Pastor Leo Raphael Ozigi Diculik dari Paroki Keuskupan Minna, Nigeria

Nigeria, terangindonesia.id – Seorang Imam Katolik yang melayani di Keuskupan Minna Nigeria termasuk di antara 45 orang yang dilaporkan diculik pada Minggu, 27 Maret pagi, lansir Nigeria Catholic Network (NCN).

Disebutkan bahwa Senin, 28 Maret 2022 beberapa teroris menculik Pastor Paroki Katolik dari Gereja Katolik St Mary, Sarkin Pawa, Leo Raphael Ozigi dan membawanya pergi bersama penduduk desa lainnya. Keuskupan Minna telah mengkonfirmasi penculikan tersebut.

Dalam suratnya pada tanggal 28 Maret yang dibagikan kepada ACI Afrika, Pastor. Emeka Amanchukwu mengumumkan penculikan 27 Maret terhadap anggota Klerus Keuskupan Katolik Minna, dan menambahkan, “Insiden yang tidak menyenangkan terjadi ketika Imam kembali ke tempat kediamannya di Paroki Kristus Raja, Gwada setelah perayaan Misa Kudus di parokinya, Paroki St Mary, Sarkin Pawa.”

“Mohon bantu kami untuk memberi tahu para Uskup dan Imam kami tentang insiden buruk itu dan permintaan kami untuk doa dan perayaan Misa Kudus untuk pembebasan yang aman dari Pastor Raphael Leo oleh para penculik,” demikian Amanchukwu lebih lanjut mengatakan dalam suratnya yang ditujukan kepada Sekretariat Katolik Nigeria (CSN).

Kanselir Keuskupan Nigeria melanjutkan, “Pada saat yang sama bantu kami dengan doa untuk pembebasan yang aman dari banyak saudara dan saudari kami yang telah disandera oleh bandit yang mengamuk menyerang komunitas dan desa di Negara Bagian Niger.”

Nigeria telah mengalami kerawanan sejak 2009 ketika pemberontakan Boko Haram dimulai dengan tujuan mengubah negara itu menjadi negara Islam. Sejak itu, kelompok tersebut, salah satu kelompok Islam terbesar di Afrika, telah mengatur serangan teroris tanpa pandang bulu terhadap berbagai sasaran, termasuk kelompok agama dan politik serta warga sipil.

Situasi ketidakamanan di negara ini semakin rumit dengan keterlibatan  mayoritas Muslim yang memilih sebagai Milisi Fulani. Penculikan Fr. Ozigi adalah yang terbaru dari serangkaian penculikan anggota Klerus di negara terpadat di Afrika.

Catatan sebelumnya,  April 2021, orang-orang bersenjata menculik Pdt. Izu Marcel Onyeocha, anggota Kongregasi Misionaris, Putra-Putra Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria (Claretians). Dia kemudian dibebaskan. Pada Mei tahun lalu, Paroki Katolik St. Vincent Ferrer Malunfashi dari Keuskupan Sokoto Nigeria diserang dan dua imam diculik. Salah satu dari mereka terbunuh.

Pada bulan Juli tahun lalu, Pdt. Elijah Juma Wada juga diculik dari Keuskupan Maiduguri; dia kemudian melarikan diri dari para penculiknya. Imam lain dari Keuskupan Kafanchan Nigeria diculik pada September 2021, penculiknya kemudian membebaskannya. Pada tanggal 6 Januari, Pdt. Joseph Danjuma Shekari diculik dari kediaman parokinya di Keuskupan Kafanchan, Nigeria, dan dibebaskan sehari kemudian. [AciAfrica]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.