Johny Weol dan Jason Balompapueng Tepis Anies Baswedan Sosok Intoleran

Jakarta, terangindonesia.id – Ketua Umum Gereja Pentakosta di Indonesia (GPDI) pendeta Johny Weol mengapresiasi sosok Anies Baswedan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Menurutnya selama Anies menjabat gereja di Jakarta mendapat bantuan operasional tempat ibadah atau yang disebut BOTI. (Kontan, 20/03).

Pdt. Dr. Johny W. Weol terpilih kembali menjadi Ketua Umum Majelis Pusat Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) periode 2022-2027 dalam perhelatan Musyawarah Besar (Mubes) GPdI XXXIV pada Kamis dinihari (17/03) di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta.

Laman Tempo menyebutkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyalurkan bantuan senilai Rp 11 miliar bagi tempat ibadah seluruh agama di wilayah Jakarta dan sekitarnya selama 2022. “Untuk rumah ibadah di tahun 2022 ini ada 65, baik itu gereja, masjid, wihara, musala, dan lain sebagainya,” kata Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta Aceng Zaeni dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, 22 Maret 2022.

Aceng mengatakan hal itu menunjukkan Anies berkomitmen menciptakan keadilan serta kesetaraan umat beragama dalam memperoleh hak untuk beribadah tenang dan nyaman. “Untuk hibahnya sebesar Rp11 miliar. Digunakan untuk renovasi pembangunan rumah ibadah,” ujar Aceng.

Menukil laman Kontan, Pendeta Johny Weol mengaku bahkan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tersebut juga sampai ke sekolah-sekolah Minggu. “Bahkan sekolah Minggu, guru sekolah Minggu, mendapatkan apa yang diberikan oleh Gubernur kami,” papar dia. Dengan demikian, Ia memandang, anggapan jika Anies Baswedan adalah sosok intoleran sangat keliru. Menurutnya sentuhan selama Anies memimpin Jakarta sangat berarti bagi para Gereja. “Jadi rumor mengenai beliau (intoleran) itu, saya kira hal keliru, sentuhan sosial beliau khususnya untuk gereja sangat berarti bagi kami,” ungkap Pendeta Johny Weol.

Ketua Persekutuan Gereja Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) Pendeta Jason Balompapueng turut memuji kepemimpinan Anies Baswedan di DKI Jakarta. Ia pun menepis anggapan miring untuk Anies Baswedan selama ini. “Terima kasih kepada bapak Gubernur DKI Jakarta, saudara boleh liat berita yang didengar saudara keliru, beliau sangat nasionalis, keluarga nasional,” papar dia. (Kontan, 20/03).

Melalui rekaman video yang juga tayang di Tribunnews dan Wartakota, Jason Balompapueng juga menyampaikan “Saya bermimpi bagaimana (program) BOTI ini bisa menjadi nasional.Karena terbukti, baru pak Gubernur yang dengan berani mengambil keputusan,” papar dia.

Ia menegaskan, program bantuan tersebut juga membuktikan Anies merupakan sosok yang memegang komitmen dan sangat menjaga kerukunan umat beragama. Beliau memegang komitmen dan seorang yang sangat pluralism dan menjaga kerukunan umat beragama pantas sebagai pemimpin, Tuhan memberkati pak Gubernur DKI Jakarta,” jelasnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.