Gereja Toraja Berencana Adakan Konvensi Nasional di Asrama Haji Makassar

Makassar, terangindonesia.id – Ketua Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, Pendeta Alfred Yohanes Rantedatu Anggui, menyampaikan rencananya untuk menyelenggarakan Konvensi Nasional Pendeta Toraja di Komplek Asrama Haji Makassar. Hal itu ia sampaikan dalam audiensinya dengan Kementerian Agama di Jakarta, hari ini, Selasa (5/4/2022).

Pendeta Alfred menuturkan bahwa lokasi tersebut sengaja dipilih sebagai sarana penyampaian pesan kerukunan antar umat beragama. “Kami dengan sengaja memilih Komplek Asrama Haji di Kota Makassar sebagai pesan damai dan persahabatan dengan semua agama sekaligus memperlihatkan semangat nasionalisme di NKRI tercinta,” ungkap Alfred.

“Apabila para pendeta berkumpul di asrama haji dengan niat menjalankan kegiatan yang baik, maka kesan perdamaian antar umat beragamanya akan lebih terasa,” sambungnya.

Lebih lanjut, Alfred juga mengundang Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas untuk menghadiri acara Konvensi Nasional Gereja Toraja tersebut yang rencananya akan diadakan pada 16-19 Mei 2022 mendatang. “Kami berharap kiranya Bapak Menteri Agama berkenan untuk membuka acara sekaligus memberikan ceramah terkait seruan kepada pendeta untuk merawat kebhinekaan sebagai aset NKRI,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Staf Khusus Menteri Agama, Abdul Rochman menyambut baik gagasan Pendeta Alfred dalam rangka memperkuat kerukunan dan toleransi antar umat beragama. “Sudah menjadi komitmen kami untuk terus menjaga dan melayani kegiatan seluruh umat beragama, juga bergerak cepat bila terdengar kabar seputar konflik antar agama,” terang pria yang akrab disapa Adung ini.

Adung juga berpesan agar Konvensi Nasional yang akan berjalan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Entah bagaimana kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 paska lebaran nanti, yang jelas kita musti bersiap-siap dan berjaga-jaga saja,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.