Buka Raker Ditjen Bimas Kristen, Wamenag: Transformasi Digital adalah Keharusan

Bogor, terangindonesia.id – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mendorong seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Kristen terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, transformasi digital adalah keharusan.

“Direktorat Jenderal Bimas Kristen perlu terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan perlu terus berinovasi sebagai bagian arak-arakan untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik,” kata Zainut Tauhid saat memberikan arahan pada Rapat Kerja Nasional Pejabat Bimbingan Masyarakat Kristen Pusat dan Daerah Tahun 2022 di Bigland Hotel, Bogor, Rabu (23/3/2022).

“Jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas seluruh pegawai,” tambah Zainut Tauhid.

Wamenag menjelaskan bahwa Raker Pejabat Ditjen Bimas Kristen yang mengusung tema ‘Percepatan Layanan Umat Kristen’ ini seiring sejalan dengan fokus kerja Kementerian Agama dalam meningkatan kualitas layanan umat.

“Seiring perkembangan zaman, kualitas layanan kepada masyarakat dituntut dapat mengimbangi dinamika yang semakin dinamis. Pelayanan harus sederhana dan kompetitif,” kata Zainut Tauhid.

Untuk itu, lanjut Zainut Tauhid, guna menyukseskan upaya peningkatan kualitas pelayanan yang lebih baik, diperlukan sinergi antar masyarakat dan pemerintah.

Bagi Wamenag, peran masyarakat penting dalam mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal ini disebabkan, masyarakat melalui fungsi kontrol dan aspirasinya, dapat memberikan respon dan masukan guna memotivasi perbaikan dan inovasi yang terus-menerus.

“Pelayanan yang masih bersifat manual, lambat, berbelit, dan berbiaya mahal, harus ditinggalkan. Sebab, transformasi digital di semua lini birokrasi akan meniscayakan pelayanan yang mudah dan murah. Transformasi digital adalah keharusan,” tegas Zainut Tauhid.

Zainut Tauhid menjelaskan bahwa sehebat apapun kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) tanpa didukung oleh sistem pelayanan publik yang baik dan penyajian data yang akurat, mudah, murah, dan terbuka, maka akan terjadi kerancuan, bahkan kekacauan.

“Selain peningkatan kualitas SDM, inovasi pelayanan melalui teknologi digital, penggunaan anggaran yang tepat sasaran dan tepat guna juga menjadi pokok perhatian,” jelas Zainut Tauhid.

“Saya berharap Rakernas Pejabat Bimas Kristen Pusat dan Daerah Tahun 2022 ini dapatĀ  menghasilkan kemajuan-kemajuan yang signifikan bagi pelayanan umat,” tutup Zainut Tauhid. Rakernas Pejabat Bimas Kristen Pusat dan Daerah Tahun 2022 ini berlangsung dari tanggal 23-26 Maret 2022. [Kemenag]

Leave a Reply

Your email address will not be published.