Belasungkawa Ketum PGI atas Wafatnya Paus Emeritus Benedictus XVI

Jakarta, terangindonesia.id – Paus Benediktus XVI meninggal dunia di usia 95 pada Sabtu (31/12) setelah kesehatannya dikabarkan terus memburuk, demikian berita yang dilansir dari CNN Indonesia.  “Dengan rasa duka mendalam kami mengabarkan bawa Paus Emeritus, Benediktus XVI meninggal dunia hari ini pukul 9:34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan,” demikian dikutip dari Vatican News.

“Informasi lebih lanjut akan diberikan sesegera mungkin” imbuhnya. Kabar kesehatan Benediktus yang memburuk pertama kali diungkap oleh Paus Fransiskus dalam sebuah pertemuan umum di Vatican pada Rabu (28/12).

Situs kementerian agama menyebutkan, Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan duka mendalam atas wafatnya tokoh dunia yang dikenal rendah hati. “Saya sampaikan duka mendalam atas wafatnya Paus Benediktus. Saya banyak mendengar keteladanan beliau sebagai sosok yang rendah hati,” terang Menag di Jakarta, Sabtu (31/12/2022). Kerendahhatian itu, kata Menag, antara lain ditunjukkan dengan kesediaan Paus Benediktus untuk meminta maaf.

Atas nama gereja-gereja di Indonesia, ketua umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Gomar Gultom M.Th, “Saya menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya Paus Emeritus Benedictus XVI, pada usia 95, hari ini (31/12) di Vatican’s Mater Ecclesiae Monastery. “Beliau telah mengakhiri pertandingannya dan kini dimahkotai mahkota kehidupan.”

Gomar Gultom menambahkan, “Saya mengenang beliau sebagai sosok yang teguh mempertahankan kemurnian ajaran gereja. Meski terkesan ortodoks, dengan kegigihannya menentangi pemikiran para teolog progresif seperti teologi pembebasan, dan penolakannya atas aborsi, eutanasia dan LGBT, beliau sangat terbuka dan mendorong dialog antar gereja, dan bahkan antar agama,” kenang Ketua Umum PGI periode 2019-2024 tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.