Apel Kebangsaan Pemuda Lintas Agama di Kawasan Titik Nol IKN

Penajam, terangindonesia.id – Bertepatan dengan Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional) bertempat di Pendopo Lokasi Kawasan Titik Nol IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada Jumat (20/5). Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) menyelenggarakan kegiatan bertajuk Apel Kebangsaan.

Adapun kegiatan intinya, yakni pembacaan poin ikrar kebangsaan yang dibacakan oleh setiap Ketua Umum Organisasi Kepemudaan. Termasuk kegiatan vaksinasi dan baksos bertempat di Balai Desa Sukaraja dan untuk penyerahan sembako secara simbolis yang salah satunya di serahkan oleh Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan yang di dampingi Babinsa Koramil 0913-04/Sepaku kepada perwakilan warga Desa Pemaluan Kecamatan Sepaku.Sabtu (21/5/2022).

Ketua Umum GAMKI, Willem Wandik menjelaskan, apel ini dimaksud untuk mempertemukan berbagai pemeluk agama yang berbeda untuk mendukung program pembangunan IKN Nusantara. “GAMKI melaksanakan Dies Natalis dan Apel Kebangsaan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang melakukan pemindahan IKN Nusantara ke Kalimantan Timur.

Dan kita juga meneruskan harapan dan aspirasi dari masyarakat untuk ikut merasakan pembangunan dan pengembangan IKN,” kata Willem. “Kita mendukung penuh pemindahan IKN sebagai salah satu wujud pembangunan Indonesia Sentris. Artinya ada pemerataan pembangunan, bahwa pembangunan tidak lagi dipusatkan di Jawa tapi benar-benar nyata untuk seluruh Indonesia,” ungkap Ketua Umum GAMKI.

Disamping itu, dirinya menyebut bahwa Apel Kebangsaan ini turut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Kegiatan tersebut melibatkan sedikitnya 250 orang pemuda dari berbagai identitas agama termasuk organisasi kedaerahan. Beberapa diantaranya Organisasi Kepemudaan seperti GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Gema Konghucu, Peradah, Gema Mathlaul Anwar, Gemabudhi, hingga Pemuda Katholik.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi S.E.M.H, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs. Haryanto, SH.HUM, Aster Kodam VI/Mlw Kolonel Arm Rama Hendarto Budhyanto, S. sos, Kaorops Polda Kaltim Kombespol Barung Mangera,SH, Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho,S.IP, Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan,SIK, Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik S.Sos dan Pj Sekda PPU H.Tohar.

Serta, 7 Ketua Umum Organisasi Pemuda Lintas agama, GAMKI, GPAnsor, Muhammadiyah, Peradah, P.Khatolik, Gemabudhi,Gema Konghucu), Ketua DPP/DPD/DPC GAMKI Se-Indonesia, Ketua Wilayah Kaltim Organisasi Pemuda Lintas Agama, Perwakilan Tokoh Adat/Masyarakat, Peserta apel kebangsaan dan perayaan dies natalies nasional ke-60 GAMKI TA 2022. [Dim 0913/PPU]

Leave a Reply

Your email address will not be published.